4 Tips Memilih Fintech di Indonesia yang Aman dan Menguntungkan

 

Semakin menjamurnya perusahaan berbasis fintech di Indonesia tentu akan membuat banyak pengguna yang masih awam menjadi merasa sedikit kebingungan untuk memilih manakah di antara mereka yang paling aman. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui hal tersebut, seperti yang tertera pada informasi di bawah ini.

 

Ragam Tips Memilih Fintech di Indonesia yang Aman

 

1. Download Aplikasi dari Situs Resmi

Tips pertama yang bisa Anda terapkan saat memilih aplikasi berbasis fintech yang aman adalah dengan mengunduhnya langsung dari situs yang resmi. Hal ini merupakan langkah yang paling penting untuk meminimalisir risiko ponsel Anda terkena serangan virus, spyware, dan malware yang dapat merusak sistem ponsel Anda.

Apabila Anda tidak berhati-hati, maka kemungkinan data-data keuangan Anda pun bisa dicuri oleh orang lain. Terlebih, pada situs yang tidak resmi biasanya terjadi pencurian data dengan modus yang berbeda-beda. Dengan mencuri data tersebut, maka pelakunya pun akan mampu melakukan aktivitas layaknya nasabah yang normal.

2. Melakukan Riset Terkait Fintech

Terjun dan ikut andil dalam dunia fintech di Indonesia tentu akan kurang rasanya apabila Anda tidak melakukan riset yang lebih mendalam terkait dengan fintech terlebih dahulu. Hal ini merupakan tips yang sangat penting untuk dilakukan agar Anda terhindari dari risiko mengalami kegagalan dan kerugian akibat kurangnya informasi mengenai dunia tersebut.

Fintech dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti sistem informasi layanan keuangan, sistem pembayaran, peer to peer landing, dan perencanaan keuangan digital. Aplikasi peer to peer landing yang memang terbukti memiliki kualitas bagus adalah Amartha, karena sudah memiliki lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan dalam membantu dunia investasi Indonesia.

3. Memperhatikan Rating dan Review dengan Cermat

Sebelum mengunduh aplikasi fintech, maka Anda pun harus memastikan terlebih dahulu mengenai rating dan review yang sudah diberikan oleh pengguna lain terhadap aplikasi tersebut. Apabila aplikasi tersebut memang memiliki reputasi yang bagus, maka sudah pasti aplikasi itu merupakan aplikasi investasi terbaik yang dijamin aman.

Pilihlah aplikasi yang memiliki rating dan review yang positif, atau paling tidak aplikasi tersebut memiliki rating 4 bintang. Salah satu aplikasi fintech yang bisa Anda pilih adalah Amartha, karena aplikasi ini memang memiliki rating yang cukup tinggi di situs resminya.

4. Memilih Aplikasi Fintech yang Lengkap

Aplikasi fintech yang memang memiliki fitur lengkap tentu saja sudah menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting bagi orang-orang pada zaman sekarang. Dengan memiliki berbagai fitur, maka hal tersebut pun akan membuat seseorang terlebih pengguna awam untuk tidak merasa kebingungan saat ingin melakukan kegiatan seperti pembelian, transfer dana, dan pembayaran.

Aplikasi fintech yang tersedia di ponsel akan mempermudah seseorang untuk tidak lagi harus kesusahan menunggu antrian lama di ATM, karena semua transaksi tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan ponsel yang ada di dalam genggaman. Contoh aplikasi fintech yang memiliki fitur lengkap adalah Amartha, yang terbukti sangat memudahkan penggunanya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda pahami ketika Anda ingin memilih perusahaan fintech di Indonesia. Dengan melakukan tips tersebut, maka Anda pasti akan menjadi dipermudah urusan keuangannya sehingga tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk memilih pihak fintech manakah yang memang menawarkan tujuan paling benar dan tepat untuk Anda.