Bukan Gaya-gayaan, Ini 5 Keuntungan Punya Smartwatch

Bukan Gaya-gayaan, Ini 5 Keuntungan Punya Smartwatch

Seperti namanya “Smart Watch” adalah jam tangan yang dilengkapi dengan fitur “pintar” yang bisa membantu aktivitas sehari-hari, berbeda dengan jam tangan analog atau digital biasanya. Apple Watch, adalah salah satu jenis smartwatch yang mungkin paling populer karena termasuk produk Apple, punya desain yang elegan, dan berbagai fitur menarik.

Smart watch, dikenal punya harga yang nggak murah, minimal berkisar mulai Rp 3 jutaan kalau brand dan spesifikasinya cukup tinggi. Nggak jarang, pakai smart watch identik dengan gaya-gayaan, padahal smart watch punya fungsi yang lebih dari sekadar gaya, lho!

Sebagian besar fungsi smartwatch sangat bermanfaat untuk mengecek kondisi fisik dan kesehatan kita sendiri. Kalau kamu termasuk orang yang sangat sibuk sehari-harinya bekerja, smart watch bisa jadi alat yang penting untuk dimiliki sebagai pengingat kondisi fisikmu agar tetap prima.

Sekarang, banyak juga tipe smartwatch yang punya harga mulai Rp 800 ribuan seperti Xiaomi Mi Watch Lite 11. Ada juga yang harganya berkisar mulai Rp 500 ribuan sampai Rp 500 ribuan, tergantung merek dan spesifikasinya.

Smart watch tersedia di berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan bisa dibeli dengan cara kredit online menggunakan kartu kredit maupun aplikasi kredit.

Kredivo salah satunya, bisa cicilan 0% dengan tenor 3 bulan untuk minimal transaksi sebesar Rp 500 ribu.

Jadi nggak cuma soal gaya, smartwatch memiliki 5 keuntungan berikut ini kalau dipakai dalam aktivitas sehari-hari:

Menjadi perekam & pemberi informasi jumlah langkahmu per harinya

Demi kesehatan tubuh, sangat dianjurkan bagi kita untuk jalan kaki atau punya langkah sebanyak 10 ribu setiap harinya. Dengan berjalan atau melakukan 10 ribu langkah setiap hari, sama dengan membakar kalori sebanyak 400-500 kalori per hari yang bisa menurunkan dan menjaga berat badanmu. Terlebih, kalau kamu orang yang jarang berolahraga karena kesibukan sehari-hari.

Salah satu alat yang paling efektif untuk mencatat jumlah langkahmu dengan akurat adalah smart watch. Kalau langkahmu kurang dari jumlah yang dianjurkan sementara kamu mau hidup lebih sehat dan bugar, kamu bisa menjadikan informasi ini sebagai pacuan untuk berjalan lebih banyak setiap harinya agar mencapai 10 ribu langkah.

Bisa memantau detak jantung, tekanan darah, hingga kadar oksigen

Beberapa smartwatch yang punya spesifikasi tinggi bahkan memiliki fitur untuk memantau detak jantung, tekanan darah, sampai kadar oksigen penggunaannya. Nggak harus repot-repot datang ke rumah sakit lagi kalau mau tahu sekilas tentang informasi ini. Kalau kamu punya riwayat darah tinggi atau masalah pada jantung, smart watch bisa menjadi alat bantu yang memantau kondisi sehari-hari. Alhasil, kamu bisa tahu lebih cepat jika terjadi kondisi yang tidak sesuai harapan.

Memantau tingkat stres dan mengatur pola tidurmu

Dari pantauan detak jantung, smart watch juga bisa menilai atau mengukur tingkat stresmu. Ditambah, smartwatch punya kapasitas untuk melakukan sleep monitoring atau memantau bagaimana pola tidurmu dan memberikan saran untuk memperbaikinya. Mulai dari jam tidur, hingga mengatur pengingat kapan kamu harus istirahat sesuai kondisi tubuhmu.

Bisa memberikan rekomendasi rute olahraga yang pas

Karena terhubung dengan maps, smart watch juga bisa berfungsi untuk memberikan rekomendasi rute olahraga yang sesuai dengan area dan kebutuhanmu. Khususnya saat olahraga di luar ruangan mulai dari jogging atau bersepeda. Kalau mau mulai rutin kembali berolahraga, punya smartwatch bisa jadi pilihan paling pas!

Bisa terkoneksi langsung dengan smartphone-mu

Semua smartwatch pada dasarnya bisa dihubungkan langsung dengan smartphone, selama spesifikasinya compatible satu sama lain. Misalnya, kamu pakai Apple Watch dan pakai iPhone, otomatis kedua perangkat ini bisa disambungkan dengan mudah dan kamu bisa melihat berbagai notifikasi atau hal yang terjadi di iPhone-mu secara langsung di Apple Watch yang kamu gunakan.

Bahkan, bisa juga dilakukan untuk angkat telepon sampai membalas pesan singkat, lho. Kalau smartphone-mu tertinggal dan posisinya smartwatch sedang digunakan, kamu bisa menggunakannya untuk menemukan letak smartphone!