Jangan Asal Pilih, Kenali Dulu Kriteria Lembaga Pelatihan Kerja Yang Kredibel Berikut Ini!

Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya mengikuti pelatihan kerja, bahkan bukan hanya bagi mereka yang belum bekerja saja. Melainkan juga bagi yang sudah bekerja, karena bagaimanapun terus belajar atau memperbanyak ilmu sebenarnya hukumnya wajib jika Anda ingin terus berkembang jadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Apalagi di zaman sekarang jika dilihat juga bukan hal yang sulit untuk menemukan pilihan kelas serta lembaga pelatihan kerja yang ada di Indonesia.

Bahkan semenjak pandemi popularitas dari tempat kursus semacam ini juga semakin meningkat. Karena dalam kondisi pandemi banyak orang yang ingin terus produktif meskipun di rumah saja, diantara caranya memang dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada. Jasa atau tempat kursus semacam ini jika dilihat memang sudah bertebaran dimana-mana dan menawarkan beragam inovasi layanan. Bahkan tidak hanya pilihan kelas pelatihan secara langsung atau konvensional saja, karena jika dilihat juga ada program kursus berbasis online.

Punya lebih dari skill di zaman sekarang ini memang sangat dibutuhkan, apalagi pastinya Anda juga tahu bahwa tingkat persaingan yang ada di dunia bisnis juga jadi semakin ketat, jadi jika seandainya tidak memiliki kualifikasi lebih dibandingkan dengan yang lain, takutnya akan kalah saing atau tidak dapat berkembang nantinya. Namun dengan banyaknya pilihan lembaga pelatihan kerja yang hadir di Indonesia, apakah semuanya punya kualitas serta layanan yang bagus? nyatanya tidak, untuk itu agar mendapatkan yang terbaik, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti, yaitu:

  1. Merupakan lembaga yang spesialis atau ahli di bidang pelatihan tersebut, bukan lembaga baru yang ikut-ikutan karena trend saja. Melainkan yang paling bagus adalah memilih yang memang sudah menjadi spesialis di bidangnya. Misalnya adalah yang memang ahli di bidang pelatihan SDM atau karyawan, tentunya akan berbeda dengan jenis pelatihan khusus untuk bahasa asing atau mungkin memasak. Carilah yang memang fokusnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Praktis yang berpengalaman di bidangnya, kemudian jangan lupa mempertimbangkan siapa sajakah tenaga atau praktisi yang bekerja di bidang tersebut. Bagaimana dengan latar belakang mereka, apakah sekedar orang yang ahli menyampaikan materi atau ceramah saja, atau memang termasuk praktisi di bidangnya. Ini penting sehingga nantinya mereka juga bisa berbagi pengalaman, tidak sekedar memberikan materi yang membosankan untuk didengar saja.
  3. Dapat memotivasi peserta, ini juga termasuk bagian yang penting namun sering kali diabaikan. Karena setelah ikut pelatihan terkadang ada 2 hal yang akan dirasakan oleh peserta, diantaranya adalah menjadi semakin berminat atau tertarik mendalami bidang tersebut ataupun juga mereka yang justru semakin malas atau hilang minat. Itulah mengapa penting sekali untuk mempertimbangkan apakah praktisi yang dipilih tersebut punya kemampuan dalam memotivasi ataukah tidak.
  4. Punya jenis kelas yang lengkap, baik itu kelas secara offline, online maupun hybrid. Karena memang pada dasarnya di zaman sekarang ini memilih jenis kelas pelatihan yang sesuai memang sangatlah penting. Apalagi kebutuhan masing-masing orang berbeda. Ada yang hanya bisa ikut kelas online, ada yang merasa lebih efektif ikut kelas secara langsung atau offline serta yang lain sebagainya.
  5. Banyak mendapatkan masukan positif serta sering direkomendasikan, lembaga yang bagus biasanya banyak diulas secara positif oleh peserta yang sudah pernah ikut pelatihan tersebut. Serta yang tidak kalah penting adalah banyak klient besar yang merekomendasikannya artinya memang kualitas pelayanan yang diberikan benar-benar bagus. Sebaliknya jangan memilih lembaga pelatihan yang punya banyak ulasan buruk atau tidak direkomendasikan.

Lembaga pelatihan kerja yang bagus hanya dari Prasmul-ELI, salah satu lembaga pelatihan yang ada di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. Mereka termasuk yang fokus untuk memberikan pelatihan guna meningkatkan atau mengembangkan kualitas dari Sumber Daya Manusia dengan berbagai program pelatihan yang ada, sistemnya ada yang langsung dan juga online. Berbicara mengenai harga atau tarif pelatihan yang ditawarkan juga tak perlu khawatir, karena memang terjangkau, bisa langsung cek di situs resminya, daftar sekarang juga sebelum kelasnya habis.