Mengenal Pengertian Managed Switch

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini switch sendiri selalu mengalami berbagai perkembangan. Apalagi saat ini switch sendiri sudah memiliki banyak fitur yang cukup canggih. Bahkan fitur ini membuat switch bisa unggul dalam bidang distribusi data antar komputer yang satu dengan yang lainnya.

Jenis Switch yang Ada di Pasaran

Jika dilihat dari fungsinya, switch sendiri memiliki 2 jenis dari switch managed dan juga switch unmanaged. Apa perbedaan keduanya? Apa kelebihan dari keduanya? Apakah sama-sama memiliki keunggulan atau hanya salah satu yang paling unggul dan sering digunakan oleh banyak orang? Simak jawabannya berikut ini!

Jika dilihat dari segi harganya sendiri, untuk jenis switch unmanaged ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan switch managed. Namun, harga yang dijual di pasaran ini masih batas wajar. Mengapa demikian? Sebab keduanya memiliki fungsi dan peran pentingnya masing-masing. Untuk switch unmanaged ini sendiri adalah salah satu jenis switch yang hanya bisa menjalankan fungsi-fungsi switch secara dasar saja. Contohnya hanya bisa menjalankan fungsi Address Learning dan juga fungsi untuk menyaring data.

Sedangkan untuk managed switch atau switch managed sendiri adalah salah satu jenis switch yang dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaik bahkan fitur unggulan untuk membantu kinerja switch pada jaringan komputer sendiri. Dengan fungsinya yang lebih lengkap, maka sudah bisa dipastikan bahwa harga yang akan ditawarkan pun jauh lebih mahal.

Adakah Keunggulan dari Switch Managed?

Switch unmanaged nantinya hanya berfungsi untuk meneruskan data saja dan tidak bisa melakukan beberapa pengaturan. Sebab, pada jenis switch ini, peraturan yang sudah ada ini tidak bisa digantikan atau bersifat tetap. Sedangkan untuk switch managed ini memiliki sifat yang jauh lebih fleksibel. Di mana seluruh switch yang diberikan ini memiliki berbagai sistem pengaturan yang bisa membebaskan seluruh konfigurasi sesuai dengan yang diinginkan para penggunannya. Bahkan kelebihan tambahannya pada switch managed ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur lintas data pada jaringan komputer.

Switch managed ini sendiri juga sudah dibekali dengan salah satu fitur yang cukup populer. Fitur tersebut adalah fitur Virtual LAN yang bisa membantu switch ini bisa terhubung dalam segmen LAN. Tambahan fitur ini secara otomatis mampu membantu untuk menghubungkan di LAN secara bersamaan, bahkan bisa digunakan lebih dari 1 LAN. Fitur ini hanya tersedia pada switch managed saja tidak pada jenis lainnya.

Sedangkan dalam bidang networkingnya sendiri, switch managed ini juga memiliki peraturan yang bisa diatur secara otomatis. Sehingga jika suatu saat terjadi permasalahan, maka akan disediakan link backup yang secara otomatis akan membantu untuk mengambil alih dengan mudah. Fitur lain yang masih tersedia dalam switch managed ini juga ada fitur redundancy. Di mana fitur ini sendiri digunakan untuk menyediakan banyak jalur cadangan apabila pada jalur utamanya ini terputus. Kemudian, proses data transfer ini akan dialihkan pada jaringan backup. Sedangkan untuk pesaingnya yaitu switch unmanaged ini tidak menyediakan fitur redundancy.

Itulah sebagian informasi tentang 2 jenis switch yang sering digunakan oleh beberapa orang apalagi beberapa orang yang bekerja dan berkaitan dengan dunia jaringan komputer. Setelah mengetahui perbedaan dari keduanya, tentu sudah bisa Anda ambil kesimpulan bahwa switch managed ini pastinya jauh lebih baik bahkan memiliki banyak fitur yang akan mempermudah dari segala jaringan komputer