Cara Cerdas Cari Perumahan Murah di Jakarta

Jakarta memang selalu menjadi magnet bagi banyak orang di penjuru Indonesia untuk dapat mengadu nasib di kota metropolitan ini. Sebagai ibu kota dan pusat kegiatan perekonomian, sangat wajar jika biaya hidup di Jakarta sangat tinggi. Karena tingginya biaya hidup di Jakarta, banyak orang kesulitan mencari rumah dengan harga cukup murah, bahkan beberapa orang mengatakan sangat mustahil untuk menemukan tempat tinggal dengan harga murah di Jakarta.

Jika Anda belum berkeluarga dan tidak memiliki rencana untuk tinggal di Jakarta dalam waktu lama, tentu bisa mencari alternatif tempat tinggal sementara dengan mengontrak rumah atau tinggal di rumah kos. Tetapi jika Anda memiliki rencana jangka panjang untuk menetap di Jakarta atau berkeluarga dan memutuskan untuk tinggal di Jakarta, tentu memiliki rumah menjadi suatu keharusan.

Berbicara mengenai rumah, tentu kita tidak hanya berbicara tentang tempat di mana kita tidur atau berteduh, tapi lebih dari itu, rumah adalah investasi jangka panjang. Di samping itu, jika sudah memiliki rumah, Anda dapat menyimpan uang yang sebelumnya terbuang untuk membayar sewa kos atau rumah kontrakan.

Siapa pun dan apa pun latar belakang Anda, tentu harga menjadi pertimbangan utama dalam memilih rumah. Untuk dapat memilih rumah yang terbaik, tentu Anda harus rajin meninjau berbagai lokasi perumahan di Jakarta. Untuk melakukan peninjauan, Anda harus melakukannya dengan cerdas agar efisien dan tepat sasaran. Bayangkan jika setiap hari Anda mengelilingi Kota Jakarta yang luas dan mendatangi satu per satu perumahan, tentu banyak waktu dan energi yang terbuang. Berikut merupakan alternatif cara pencarian perumahan murah di Jakarta dengan cerdas:

  1. Memanfaatkan teman atau rekan kerja yang sudah memiliki rumah di Jakarta. Biarkan mereka memberi Anda masukan mengenai beberapa lokasi, kemudian datangilah lokasi yang disarankan teman atau rekan kerja Anda tersebut.
  2. Datangilah pameran-pameran perumahan yang biasa diadakan oleh perusahaan pengembang properti.
  3. Gunakanlah jaringan internet untuk mencari perumahan murah di Jakarta. Dari informasi yang didapatkan dari dunia maya, Anda dapat menemukan lokasi rumah impian lebih cepat, sehingga Anda langsung mengetahui lokasi yang akan ditinjau langsung.
  4. Jika Anda ingin memaksakan diri untuk mencari perumahan yang tepat dengan cara berkeliling, cobalah saring wilayah yang akan Anda tinjau. Carilah perumahan yang berada di daerah yang dekat dengan pusat aktivitas Anda dan keluarga, karena sudah pasti daerah tersebut akan menguntungkan bagi mobilitas Anda.

Cara Paling Praktis

Menentukan cara terbaik dalam mencari rumah idaman, harus disesuaikan dengan aktivitas dan rutinitas Anda. Bagi Anda yang memiliki cukup waktu, melakukan kombinasi dari keempat cara di atas merupakan langkah yang layak dicoba. Tetapi bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu karena aktivitas yang padat, peninjauan dari dunia maya adalah pilihan terbaik. Selain hanya memakan sedikit waktu, Anda dapat langsung menyortir rumah menurut harga yang sesuai dengan kemampuan dompet Anda.

Walaupun tidak dapat disimpulkan bahwa mencari rumah di dunia maya adalah cara terbaik dalam mencari rumah, tetapi pencarian dengan memanfaatkan jaringan internet memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

  1. Informasi cepat didapat dengan sekali klik.
  2. Menampilkan informasi lengkap mengenai rumah yang dicari (termasuk luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar mandi, kamar tidur, harga rumah, dan lengkap dengan foto rumah tersebut).
  3. Bisa langsung melakukan pencarian berdasarkan nama daerah yang sangat spesifik (kota, kecamatan, kelurahan, dan nama jalan).
  4. Bisa langsung melakukan sortir harga sesuai dengan kemampuan Anda.
  5. Bisa mencari agen properti terlebih dahulu. Anda juga bisa mencari agen properti sesuai dengan spesialisasi daerah yang ingin Anda cari. Misalnya, daerah yang ingin Anda cari adalah Pejompongan, maka sistem dapat mencarikan agen properti yang ahli di daerah Pejompongan.
  6. Dapat menampilkan simulasi kredit, sehingga bagi Anda yang berencana kredit rumah dapat mengetahui angsuran yang harus dibayar setiap bulannya ketika membeli rumah tersebut.

Cari rumah murah di Jakarta memang tidak mudah, tetapi informasi dari situs jual-beli rumah membantu kita mengetahui harga pasaran rumah di Jakarta. Ketika semua informasi dirasa cukup, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menganalisis lokasi rumah tersebut. Hasil analisis Anda, nantinya akan berpengaruh pada pengeluaran rutin Anda setelah membeli rumah.

Misalnya, jika Anda bekerja di daerah Pejompongan, Jakarta Pusat, dimana daerah tersebut dekat dengan perbatasan Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Sebaiknya Anda tidak mencari rumah di daerah Jakarta Pusat karena harga pasarannya lebih mahal. Sebagai alternatif, Anda dapat membeli rumah dengan cara Kredit Pemilikan Rumah yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan di Jakarta Pusat. Langkah selanjutnya, giliran Anda untuk menentukan tempat yang paling murah dan nyaman untuk ditinggali bersama keluarga. Selamat mencari.