Jangan Asal Pakai, Ketahui 6 Cara Menggunakan Serum yang Tepat

Kulit wajah yang sehat dan bercahaya menjadi dambaan setiap orang. Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan merawat kulit dengan mengaplikasikan serum. Banyak sekali orang yang belum tahu dengan pasti cara menggunakan serum yang tepat. Kesalahan pengaplikasian serum tidak akan membuat kulit wajah mengalami perubahan yang signifikan.

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan serum untuk mencerahkan wajah, bisa lho mencoba untuk menggunakan produk dari Pond’s yaitu Pond’s Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask. Produk ini diklaim mampu mencerahkan, melembutkan, dan juga melembabkan. Produk ini cocok digunakan semua jenis kulit termasuk kulit para remaja.

Triple Glow Serum/ponds.com

Jangan asal pakai, kamu harus tahu 6 cara menggunakan serum yang tepat agar kinerja serum lebih maksimal.

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian maupun bangun tidur sangat dianjurkan. Wajah harus benar-benar bersih dari sisa makeup, kotoran, debu, maupun skincare yang digunakan pada malam hari.

Jangan biarkan kulit wajah kamu kotor. Hal tersebut bisa membuat kulit wajah rentan timbul jerawat dan pori-pori akan semakin terlihat. Selain itu, membersihkan kulit wajah diperlukan untuk mengangkat sel kulit mati dan memaksimalkan penyerapan skincare termasuk saat mengaplikasikan serum.

Kamu harus tahu bahwa bahan aktif dalam serum juga bisa dengan mudah menempel pada kotoran dan kulit mati.

2. Memakai serum saat wajah masih lembab

Kamu melakukan kesalahan besar jika menunggu kulit wajah sampai benar-benar kering saat ingin mengaplikasikan serum. Setelah membersihkan kulit wajah, kamu tidak perlu mengelap wajah sampai benar-benar kering. Kamu cukup mengelap sampai kulit masih terasa lembab.

Kulit yang lembab membuat serum bekerja lebih efektif. Maka dari itu, sebagai cara memakai serum wajah yang benar sebisa mungkin buatlah wajah tetap lembab ketika ingin menggunakannya.

Jika kulit wajah sudah terlanjur kering, kamu bisa menyemprotkan facial mist atau toner untuk membuat kulit wajah menjadi lembab. Sekedar informasi, bahwa serum dapat 10 kali lebih terserap saat keadaan kulit wajah masih lembab.

3. Tuangkan serum di bagian tangan

Dalam menggunakan serum sebaiknya tuangkan serum secukupnya pada wajah atau telapak tangan. Jika serum berbentuk cair atau krim, kamu hanya perlu menuangkan ke ujung jari dan juga jari tengah.

Jika serum berbentuk minyak biasanya dilengkapi alat bantu berbentuk pipet. Cara pakai yang baik yaitu dengan menuangkan serum pada telapak tangan. Penggunaan pipet secara langsung pada kulit wajah merupakan kesalahan besar. Karena hal ini bisa membuat pipet tidak steril.

Serum yang diaplikasikan dengan tangan mampu membuat serum lebih cepat diserap oleh permukaan kulit. Kamu juga harus menghindari menggunakan serum dengan bantuan alat lain seperti kuas atau kapas ya.

4. Tuangkan serum secukupnya

Alih-alih ingin mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan serum yang banyak, cara menggunakan serum dengan benar justru saat kamu mengaplikasikan serum secukupnya.

Kandungan aktif yang terkandung pada serum sangatlah tinggi, sehingga kamu hanya perlu mengaplikasikan serum secukupnya pada kulit wajah. Kamu tidak perlu mengaplikasikan serum terlalu banyak, karena hal tersebut bisa mempersulit proses penyerapan dan juga mampu merusak kulit wajah.

Untuk itu cukup gunakan 2-3 tetes serum untuk seluruh wajahmu terutama di bagian dahi, pipi, dan juga dagu.

5. Meratakan serum ke seluruh permukaan kulit wajah

Saat mengaplikasikan serum, kamu harus meratakannya ke seluruh bagian permukaan wajah. Kamu bisa mengoleskannya dengan menggunakan jari tangan. Harus kamu ingat, unutk memastikan jari tangan kamu bersih sebelum mengoleskan serum ya.

Kamu bisa melakukan gerakan memutar ke arah atas. Hal ini bertujuan agar kulit tidak turun dan juga kendur.

6. Mengaplikasikan pelembab untuk mengunci formula serum

Setelah selesai mengaplikasikan serum, jangan sampai kamu lewatkan tahapan untuk mengaplikasikan produk pelembab. Menggunakan pelembab dapat membuat kulit tetap lembab serta mengunci formula serum yang sudah diaplikasikan. Setelah mengaplikasikan serum, sebaiknya kamu memberikan jeda kurang lebih 3 menit baru kemudian mengaplikasikan pelembab.

Itulah 6 cara tepat dalam menggunakan serum, semoga bermanfaat.