Kenali Jenis Jasa Pengiriman Barang Melalui Jalur Cargo Udara

Jasa pengiriman barang di Indonesia melalui jalur cargo udara cukup banyak jenisnya. Jasa satu ini memiliki peran yang begitu penting demi mempercepat distribusi barang atau produk ke sejumlah wilayah di seluruh Indonesia.

Akan tetapi, jenis cargo udara ternyata tidak sembarangan menerima seluruh jenis pengiriman barang. Jadinya, hanya ada beberapa produk saja yang memang dapat dikirimkan melalui udara.

3 Jenis Jasa Pengiriman Barang via Cargo Udara

Hal tersebut menjadi informasi penting yang mesti diketahui oleh para konsumen agar tidak salah pilih ataupun tidak kaget bila barang yang dikirim ditolak karena tidak sesuai ketentuan. Beberapa di antara jenis layanan cargo udara dari jasa kirim yang wajib kamu ketahui, seperti:

1. Pengiriman barang berbahaya

Tidak semua barang bisa kamu kirimkan melalui cargo via udara. Jikalau kamu memiliki jenis barang yang tergolong berbahaya, maka bisa memilih jenis jasa pengiriman barang melalui udara dengan beberapa kategori seperti berikut ini.

Barang yang gampang menguap, jenis barang satu ini umumnya berupa cairan ataupun gas yang termasuk ke dalam bahan-bahan kimia. Beberapa di antaranya seperti metana, hidrogen, dan lain sebagainya. Kamu mesti menggunakan medium khusus untuk pengiriman barang jenis ini.

Barang yang gampang meledak, sejumlah perusahaan jasa pengirim barang sudah menyediakan pelayanan satu ini. Di dalamnya meliputi sejumlah benda seperti kebutuhan militer dengan aturan yang sangat ketat seperti senjata api, amunisi, cairan peledak, dan lainnya.

Barang yang gampang terbakar, beberapa jenis barang yang termasuk mudah terbakar seperti halnya cat, etanol, varnish, dan lainnya.

Untuk pengiriman barang satu ini membutuhkan pengamanan yang sangat khusus dan juga anti bocor supaya benar-benar terjaga dan terhindar dari kebakaran.

Barang yang beracun dan sumber penyakit, untuk jenis benda dan barang beracun yang membawa penyakit tentunya harus mendapatkan pengiriman khusus.

Pihak perusahaan jasa pengiriman barang umumnya menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat untuk melakukan pengiriman tersebut.

2. Pengiriman barang khusus

Untuk jenis barang-barang dengan pengiriman cargo khusus ini memerlukan penanganan ekstra agar selalu dipastikan aman. Jadinya, untuk tarif dari jasa kirim barang tersebut berbeda dengan lainnya, namun ada kalanya promo yang sudah ditentukan.

Jenis barang berharga, tentu saja jenis barang satu ini terbilang tidak terlalu berat namun mempunyai nilai yang begitu tinggi. Beberapa seperti logam mulia emas, perak, permata, intan dan berlian.

Ada juga kendaraan mewah dengan harga yang fantastis seperti mobil super car dan motor gede (mode). Jenis barang yang mudah rusak, untuk jenis barang satu ini biasanya memiliki masa kedaluwarsa seperti halnya makanan, sayur dan buah, daging, telur, dan lain sebagainya.

Kadang, ada juga perusahaan jasa pengiriman barang yang enggan menerima dan mesti memeriksa terlebih dahulu bila ada pengiriman dalam skala besar.

Jenis barang berbau menyengat, untuk barang dengan aroma yang begitu menyengat seperti halnya durian, parfum, dan lainnya harus masuk dalam kategori ini. Sebab, bau dari benda-benda ini bisa menempel pada permukaan benda lainnya bila tidak diberikan kemasan khusus.

Jenis hewan hidup, untuk pengiriman hewan hidup tentu masuk ke dalam kategori satu ini. Beberapa di antaranya seperti kucing, anjing, sapi, kambing, domba, dan lain sebagainya.

3. Pengiriman barang umum

Jenis barang umum ini seperti yang biasanya kamu gunakan untuk pengiriman. Di sini, kamu harus memastikan bahwa packing barang harus rapi agar tidak mudah rusak. Ada juga beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan jasa kirim barang.

Jasa pengiriman barang cargo udara memiliki peran penting untuk jalur distribusi, sehingga harus benar-benar diketahui oleh konsumen sebelum melakukan pengiriman.