Mudah! Begini Cara Implementasi WhatsApp Chatbot di Bisnis

Beberapa tahun berakhir, Chatbot telah berani mengambil langkah besar di dunia digital untuk berinteraksi lebih baik dengan pada pelanggannya. Dengan adanya chatbot dapat membantu ke tingkat bisnis yang lebih lagi dengan cara yang lebih hemat. Salah satunya, WhatsApp Chatbot yang telah hadir untuk membantu para pengguna aplikasi bisnisnya.

Apa Itu Chatbot?

Lalu ada beberapa pertanyaan yang menanyakan apa itu sebenarnya chatbot? Chatbot sendiri merupakan sebuah sistem atau program komputer yang didukung kecerdasan buatan yang akan mampu membantu mengelola percakapan manusia.

Chatbot tersebut bertugas mensimulasikan percakapan manusia dengan tujuan untuk menantu para departemen pelayanan pelanggan untuk semua perusahaan guna menghemat uang sekaligus dapat memastikan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk para pelanggannya.

Sedangkan sebagai besar penerbit chatbot berfokus pada skenario yang dihadapi oleh para pelanggan dan juga manfaat karyawan yang signifikan. Selain itu, chatbot juga dapat membantu Anda merampingkan alur kerja sekaligus membantu karyawan dengan orientasi, survei keluasan dan pengambilan data.

Apa Itu WhatsApp Chatbot?

Sebelum berbicara mengenai WhatsApp Chatbot mari sedikit membahas aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi WhatsApp merupakan sebuah aplikasi atau alat yang berguna perpisahan instan yang memungkinkan Anda untuk berbagi, berbagi disini tidak hanya pesan teks akan tetapi juga pesan multimedia seperti musik, foto, suara, video dan lain sebagainya melalui koneksi internet.

Aplikasi WhatsApp ini banyak digunakan oleh seluruh penjuru dunia dan dapat dikatakan bahwa aplikasi yang populer. Aplikasi WhatsApp ini dapat berfungsi di ponsel cerdas apapun, sekaligus juga dapat ditransfer ke komputer dengan penggunaan WhatsApp Webnya.

Tidak hanya itu saja, berkat kepopulerannya tersebut aplikasi WhatsApp mengembangkan WhatsApp Business yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengembangkan bisnis. Apalagi jika Anda nanti memanfaatkan WhatsApp Chatbot yang telah ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp Business tersebut.

Karena tentunya Chatbot terus menawarkan berbagai manfaat besar bagi bisnis dan konsumen. WhatsApp sendiri telah membuka saluran baru tempat yang akan membantu Anda untuk mempromosikan produk atau bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Dimana dengan WhatsApp Chatbot ini memungkinkan untuk melakukan tugas – tugas seperti ini nanti dengan jawaban atau skrip secara otomatis 24 jam tanpa henti dengan sedikit pengawasan manusia. Cara membuatnya pun juga cukup sederhana, akan tetapi tetap sederhana dikatakan jika Anda segera menggunakan atau mempraktikkan WhatsApp Chatbot ini.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp Chatbot merupakan sebuah program atau perangkat lunak dengan sistem chatbot yang dapat digunakan secara khusus di aplikasi perpesanan terenkripsi WhatsApp yang populer ini.

WhatsApp Chatbot juga dapat digunakan untuk percakapan komunikasi terkait pemasaran percakapan, penjualan, promosi, sekaligus dapat membantu Anda mengelola permintaan dukungan dari para klien. Tentunya dengan sedikit bantuan orang atau tanpa pengawasan manusia.

Dengan adanya WhatsApp Chatbot ini juga  dapat memberikan Anda bantuan kepada pelanggan Anda tentang cara membeli, dan menjawab pertanyaan para pelanggan dengan segera mungkin. Jelas hal ini memungkinkan Anda membangun hubungan interaksi dengan banyak pelanggan secara lebih efisien dan efektif.

Tidak sampai disitu saja, dengan WhatsApp Chatbot dapat membantu Anda untuk menawarkan tanggapan atas pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis atau dengan mengkonfirmasi janji temu pelanggan, pembelian pelanggan, dan pengiriman pelanggan secara real time, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan akan lebih berkesan dan menghemat banyak waktu dan uang yang berharga.

Untuk merasakan berbagai manfaat dan kemudahan tersebut, Anda bisa membuat WhatsApp Chatbot sendiri pada aplikasi ini. Sehingga, peluang bisnis digital Anda tidak terbatas dan akan lebih merambah menjadi besar.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menyesuaikan skrip yang menggunakan WhatsApp Chatbot sesuaikan kebutuhan bisnis Anda, sekaligus juga dapat menyesuaikan pengalaman untuk semua pelanggan Anda. Apalagi aplikasi WhatsApp memberikan enkripsi WhatsApp yang dapat menjadikan dengan cara yang mudah serta aman untuk berkomunikasi dengan sistem ini secara real time.

Cara Membuat WhatsApp Chatbot

Langkah pertama sederhana yang menjadikan WhatsApp Chatbot mempunyai manfaat yaitu dengan adanya strategi yang Anda bangun dengan jelas tentang cara melakukannya. Dimana kontruksi WhatsApp Chatbot ini mempunyai kesamaan dengan pembuatan Facebook Chatbot. Akan tetapi lebih memberikan penawaran yang lebih banyak serta fleksibilitas dalam personalisasinya sehingga dibutuhkan langkah – langkah yang tepat yaitu sebagai berikut :

1. Mempunyai Aplikasi WhatsApp Business API

Langkah pertama untuk mendapatkan WhatsApp Chatbot yaitu dengan meminta layanan beta terlebih dahulu yang disebut dengan WhatsApp Business API atau juga bisa meminta untuk menggunakan API melalui pihak ketiga. Dimana saat ini, permintaan langsung ke pihak WhatsApp hanya didorong untuk perusahaan menengah dan besar.

Ketika meminta persetujuan kepada pihak WhatsApp, Anda bisa memilih untuk menjadi pelanggan atau penyedia solusi sekaligus memerlukan nama perusahaan Anda, URL dan tidak ketinggalan informasi perusahaan lainnya. Kemudian, setelah itu semua disetujui maka WhatsApp Chatbot akan segera bisa Anda gunakan.

2. Menentukan Profil WhatsApp Business

Sebelum membuat WhatsApp Chatbot, Anda sebagai pemilik usaha juga perlu menentukan bagaimana profil WhatsApp bisnis yang diinginkan. Mulailah dengan membuat akun usaha resmi atau official,  dan yang kedua hanya berupa akun bisnis biasa. Akun dengan tipe usaha resmi atau official tersebut akan  akan mendapatkan tanda centang hijau atau badge di samping nama profil tersebut.

3. Mengunduh Aplikasi WhatsApp Business

Selanjutnya, sebagai pemilik bisnis bisa langsung mengunduh WhatsApp Business untuk dapat membangun bisnisnya secara virtual lewat aplikasi WhatsApp dan juga menggunakan WhatsApp Chatbot ini.

4. Proses Pendaftaran dan Verifikasi

Setelah itu untuk bisa menggunakan WhatsApp Chatbot, pemilik bisnis perlu mendaftarkan WhatsApp APInya tersebut melalui lewat WhatsApp Business Solution Provider. Kemudian, Anda sebagai pemilik bisnis hanya perlu menunggu akses tersebut disetujui.

5. Mempersiapkan atau Membuat Percakapan

Jika langkah pertama sudah Anda lakukan dan disetujui, maka langkah selanjutnya untuk bisa merasakan manfaat WhatsApp Chatbot ini. Maka langkah selanjutnya pastikan bahwa WhatsApp Chatbot Anda akan menjawab pertanyaan dari para pelanggan  Anda, sehingga penting untuk memikirkan bagaimana dialog itu harus dibuat. Dan ini tidak hanya berlaku untuk salah satu WhatsApp Chatbot saja, akan tetapi keseluruhan dari semua jenis Chatbot umum.

Dimana setelah mengisi formulirnya, maka Anda sebagai pemilik usaha bisa mulai mengisi katalog Whatsapp Business dengan aneka produk usaha Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan beberapa respons terkait transaksi atau proses jual beli. Itulah yang disebut sebagai WhatsApp Chatbot.

Itulah tadi pembahasan tentang WhatsApp Chatbot mengenai cara pembuatan WhatsApp Chatbot yang bisa Anda lakukan dengan sederhana. WhatsApp Chatbot dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa usaha yang sedang Anda bangun.

Buat Anda yang masih kesulitan dan ingin merasakan kemudahan dalam membuat WhatsApp Chatbot, Anda bisa mengambil penawaran dari Qontak by Mekari. Qontak by Mekari sendiri merupakan sebuah perusahaan penyedia berbagai macam solusi, salah satunya WhatsApp API dengan OTP, Notifikasi, WhatsApp Bot dan Centang Hijau Multiple Device yang dapat Anda pilih disesuaikan dengan kebutuhan.

Qontak merupakan perusahaan Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan mitra bisnis resmi dari WhatsApp Business API dan Messenger API dari Instagram. Hanya dengan satu akun bisnis, Qontak membantu pemilik bisnis untuk menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak pengguna (WhatsApp multiple device), kirim broadcast WA secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis, merespons pelanggan secara otomatis dengan chatbot, kirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir, mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi, serta manfaat lainnya yang dapat meningkatkan penjualan, kinerja bisnis, maupun kinerja karyawan.

Lebih dari 3.000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Qontak. Otomatisasikan bisnismu bersama Qontak sebelum ketinggalan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Qontak dapat menghubungi tim Qontak melalui Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis.