Cara Belajar Copywriting Untuk Pemula Secara Otodidak

Bagaimana cara belajar copywriting untuk pemula? Nyatanya ilmu di bidang copywriting ini sekarang semakin banyak peminatnya, artinya memang makin banyak orang yang tertarik untuk belajar ilmu tersebut. Apalagi dengan melihat prospek di bidang copywriting ini sendiri juga sangat cerah, Anda bisa bekerja dalam perusahaan maupun juga bisa mengambil project sendiri. ilmu tersebut dapat dipelajari oleh siapa saja, mulai dari mahasiswa sampai dengan karyawan.

Lalu sebenarnya apa itu copywriting? Sebelumnya penting memang untuk membahas atau mengenal tentang copywriting, ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah teknik atau seni merangkai kata yang nantinya dapat menjual. Jadi didalamnya memang disisipi dengan marketing atau pemasaran yang jenisnya sendiri adalah soft selling, sehingga terkadang secara tidak sadar Anda membaca iklan di dalam tulisan. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang bukan.

Sebenarnya bagi Anda yang ingin mengikuti program pelatihan atau belajar copywriting untuk pemula ini sendiri ada banyak, yaitu bisa dengan ikut pelatihan yang diadakan oleh sebuah lembaga pelatihan. Ada yang jenisnya adalah pelatihan secara offline atau langsung, serta ada pula program pelatihan berbasis online atau digital. Hanya saja pastinya juga harus keluar uang, karena ada sejumlah biaya yang memang harus Anda bayarkan.

Namun juga tidak perlu khawatir karena sebenarnya Anda juga bisa belajar sendiri atau secara otodidak, berikut ini diantara caranya, yaitu:

  1. Mulailah dengan belajar dasar-dasar copywriting, ilmu yang satu ini pada dasarnya memang dapat dipelajari mulai dari teorinya terlebih dahulu, apalagi bagi Anda yang masih awam tentunya tidak bisa jika seandainya langsung masuk ke bagian intinya. Jadi harus dikenali terlebih dahulu mulai dari teori, diantaranya adalah dengan membaca buku tentang copywriting, kemudian juga bisa menonton video di Youtube, belajar lewat ebook dan sebagainya.

  1. Kuasai terlebih dahulu kemampuan dasarnya, setelah paham mengenai teorinya, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menguasai kemampuan dasar, pastinya hal ini di bidang penulisan. Diantaranya yang penting untuk Anda pelajari adalah formula penulisan didalamnya, kemudian juga ada psychological triggers serta teknik kebahasaan dan juga ejaan. Pada dasarnya ini juga termasuk kemampuan penting, namun kerab kali disepelekan.

  1. Mulailah belajar dari studi kasus secara langsung, agar lebih memahami ilmu tersebut maka Anda dapat belajar dari study kasus yang ada. karena bagaimanapun jika tidak diterapkan secara langsung sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen atau klien Anda akan sulit. Apalagi setiap klien pada dasarnya memang memiliki permintaan yang berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik dari target market, jenis media yang digunakan untuk penyebaran dan sejenisnya.

  1. Praktek secara nyata, setelah Anda belajar dari study kasus maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan praktek nyata. Dalam tahap yang satu ini Anda bisa secara langsung melakukan prakteknya, diantaranya adalah dengan ikut magang atau menerima project untuk copywriting ini. Di zaman sekarang bukan hal yang sulit untuk mencari project-project semacam ini, karena nyatanya banyak juga klien yang mencari tenaga khusus copywriting secara online lewat situs freelancer atau yang lainnya, Anda bisa coba menawarkan diri disini.

  1. Buat target untuk rutin menulis, selanjutnya hal ini juga harus diimbangi dengan kebiasaan menulis secara rutin, Anda harus membuat target secara jelas. Sehingga bisa lebih produktif dalam membuat copywriting, karena bagaimanapun sebenarnya kemampuan semacam ini harus terus diasah jika ingin berkembang. Bisa mencoba berbagai formulasi penulisan yang baru, jadi kedepannya ketika Anda project sudah terbiasa dengan model atau bentuk yang lebih sulit.

Itulah beberapa tips belajar copywriting untuk pemula yang dapat dilakukan. Namun tentunya sulit untuk belajar secara otodidak apalagi bagi yang masih awam, sehingga sebenarnya lebih dianjurkan bagi Anda untuk ikut program pelatihan atau kursus, ada banyak diantara lembaga pelatihan berkualitas yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, salah satunya adalah dari Prasmul-ELI. Berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dengan menyajikan berbagai pilihan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dari SDM perusahaan.