Packing Peanuts: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jika Anda sudah bosan menggunakan bubble wrap untuk mengemas paket, sekaligus mengisi ruang kosong di dalam paket, maka Anda bisa jadikan packing peanuts sebagai pilihan alternatif. Tidak hanya ringan dan bisa melindungi barang, namun packing peanuts juga terlihat lebih estetik. Simak berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari packing peanuts.

Apa Itu Packing Peanuts?

Packing peanuts merupakan benda yang terbuat dari bahan styrofoam, dengan ukuran yang kecil dan menyerupai bentuk kacang. Bobotnya yang ringan membuat packing peanuts kerap dijadikan sebagai pengisi ruang kosong di dalam paket barang, agar nantinya barang yang dikirim bisa selamat diantar oleh jasa pengiriman barang hingga sampai ke alamat tujuan pengiriman.

Selain digunakan sebagai salah satu barang untuk keperluan pengemasan, packing peanuts juga digunakan untuk kebutuhan lainnya. Benda satu ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mendekor, mengisi ruang pada bantal atau beanbag, dan masih banyak lagi. Anda yang butuh bahan pengisi kemasan yang unik bisa banget memilih packing peanuts ini.

Kelebihan Packing Peanuts

1. Melindungi Barang yang Dikirim

Penggunaan packing peanuts sebagai pengisi kemasan barang yang akan dikirim dengan jasa pengiriman barang tentu didasarkan atas kemampuannya dalam melindungi barang-barang tersebut. Tidak hanya barang biasa, namun tidak sedikit juga orang-orang yang menggunakan packing peanuts dalam mengemas barang yang rentan pecah, misalnya seperti gelas atau piring.

Packing peanuts yang berukuran kecil akan bisa mengisi setiap ruang di dalam kemasan paket, sehingga barang yang berada di dalamnya tidak akan bergeser pada saat terjadi guncangan saat proses pengiriman. Packing peanuts ini biasanya akan ditaruh di bagian dasar kemasan terlebih dahulu, lalu barang diletakkan, kemudian diberi tambahan packing peanuts untuk memastikan keamanan barang.

2. Bobotnya Ringan dan Tidak Menambah Berat Barang

Jangan takut untuk menggunakan packing peanuts dalam jumlah banyak saat mengemas paket sebelum dikirim dengan jasa pengiriman barang. Pasalnya, packing peanuts yang terbuat dari bahan styrofoam ini memiliki bobot yang sangat ringan, sehingga Anda tidak perlu takut penggunaannya akan meningkatkan berat barang dan membuat ongkos kirim jadi bertambah.

Ringannya bobot packing peanuts ini juga membuat Anda bisa memaksimalkan pengisian paket yang akan dikirim nantinya. Jika dibandingkan dengan bahan untuk mengemas paket seperti air pillow, penggunaan packing peanuts lebih menyisakan banyak ruang di dalam kemasan paket. Dengan begini, Anda pun bisa mengirim banyak barang dalam satu kemasan paket.

3. Tersedia dalam Berbagai Pilihan Warna

Packing peanuts umumnya memang tersedia dalam warna putih, namun ada juga kok packing peanuts yang diproduksi dalam berbagai pilihan warna. Bahkan, Anda bisa membeli packing peanuts dengan pilihan warna campuran, sehingga isi dalam kemasan paket pun akan terlihat lebih unik, estetik, serta tentunya berbeda dari presentasi paket kebanyakan.

Keestetikan yang dihadirkan oleh packing peanuts ini, membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengemas barang sebagai hadiah untuk orang tersayang ataupun meningkatkan kepuasan pelanggan melalui cara pengemasan paket. Jika paket berisikan barang dan packing peanuts sudah dikemas dengan baik, langsung saja kirim dengan jasa pengiriman barang.

4. Bisa Digunakan Kembali atau Reusable

Jika Anda menerima paket berisikan packing peanuts, jangan langsung terburu-buru membuang packing peanuts tersebut. Benda satu ini bisa Anda pergunakan kembali untuk kebutuhan pengemasan paket yang lain atau juga bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti mengisi ruang dalam bean bag, mendekor rumah, ataupun dirangkai menjadi berbagai bentuk pajangan.

Anda bisa simpan packing peanuts yang didapatkan dari paket kiriman untuk Anda, lalu kemudian dimanfaatkan kembali sesuai dengan keinginan. Dengan cara ini, maka packing peanuts tidak akan terbuang sia-sia, serta tidak akan mengotori lingkungan karena kebanyakan sifatnya masih belum ramah lingkungan.

Kekurangan Packing Peanuts

1. Mudah Berserakan Jika Paket Tidak Dibuka dengan Baik

Dalam mengemas barang, biasanya dibutuhkan packing peanuts dalam jumlah banyak, apalagi jika barang yang dikirim tersebut sifatnya fragile atau rentan pecah. Hal inilah yang kemudian bisa memicu berserakannya packing peanuts saat nantinya pihak penerima membuka paket nantinya. Jika paket dibuka sembarangan, packing peanuts bisa berserakan dan menyita waktu membereskannya.

Pun begitu, Anda bisa siasati kondisi ini dengan membuka paket berisikan packing peanuts dengan saksama. Jika perlu, sediakan kantong khusus untuk menjadi tempat menampung packing peanuts nantinya. Dengan cara ini, maka packing peanuts tidak akan berserakan dan barang pun bisa diterima dalam keadaan yang aman.

Packing peanuts merupakan benda yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengemas barang agar selamat sampai tujuan. Benda satu ini juga memiliki banyak pilihan warna, sehingga bisa membuat paket jadi terlihat lebih estetik. Jika Anda sudah selesai mengemas barang dengan packing peanuts, pilihlah jasa pengiriman barang berpengalaman seperti posaja.co.id untuk mengirimkannya.