Pengertian , Fungsi dan Jenis Kompresor

Bagi sebagian orang, tentu sudah tidak asing dengan alat ini, karena banyak dijumpai di berbagai tempat. Biasanya alat ini digunakan sebagai alat pengisi angin pada ban kendaraan, sebagai alat untuk mengecat dengan spray, dan juga digunakan sebagai proses pembakaran di motor listrik.

Pengertian Kompresor

Kompresor adalah sebuah mesin atau alat yang meningkatkan tekanan udara atau yang sering disebut dengan fluida gas. Cara kerja kompresor menggunakan bensin atau mesin diesel sebagai tenaga penggeraknya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa fungsi dari alat ini bisa digunaan sebagai pengisi angin pada ban kendaraan, sebagai alat untuk mengecat dengan spray, dan juga digunakan sebagai proses pembakaran di motor listrik.

Tentu berbagai fungsi di atas termasuk sebagai peningkatan yang semula ketika dalam pengisian ban kendaraan menggunakan pompa yang terbilang lebih tradisional dan lama dalam pengisisannya. Mengecat dengan menggunakan kompresor juga akan lebih cepat penyelesaiannya, dan juga dalam proses pembakaran di motor listrik akan lebih cepat.

Untuk mengetaui lebih lanjut fungsi dari fungsi kompresor, maka mari kita simak ulasan di bawah ini.

Fungsi Dari Kompresor

Fungsi utama dari sebuah kompresor adalah sebagai pengambil gas atau udara dari sekitar kompresor yang kemudian diberikan tekanan di dalam tabungnya dan disalurkan kembali sebagai udara yang bertekanan.

Dalam penerapan di kehidupan sehari-hari, ompresor digunakan dalam berbagai hal, seperti di bawah ini:

  1. Mengisi udara pada ban kendaraan. Berbeda dengan mesin vakum, yang memfakumkan udara di dalam ruangan. Kompresor berperan sebaliknya yaitu mengisi udara di sebuah ruangan. Hal ini banyak digunakan oleh bengkel mobil atau sepeda. Bahkan di tempat penambalan ban yang ada di pinggir-pinggir jalan, sekarang sudah memanfaatkan alat ini.

  1. Penyuplai udara bagi penyelam, hal ini tentu sangat berpengaruh pada keamanan penyelam. Maka dari itu, pastikan tabung gas terisi dengan baik sehingga tidak terjadi kekurangan gas ketika sedang menyelam.

  1. Penyuplai udara bagi silinder atau tabung gas hal lini seperti tabung gas elpiji dan sejenisnya.

  1. Penyuplay udara bagi alat spray atau air brush, biasanya pada penggunaan alat spray yang menggunakan kompresor adalah ketika sedang mengecat. Dengan memanfaatkan kedua alat ini, maka proses pengecatan akan lebih cepat dan efisien.

  1. Penyuplay udara bersih bagi gedung-gedung besar, untuk selanjutya ini seperti pada sistem kontrol Heating, Ventilation, dan Air Conditioning pneumatic. Hal ini dilakukan supaya udara dalam sebuah ruangan dapat berganti dengan udara baru yang lebih segar sehingga ruangan tidak pengap.

  1. Penyuplay udara bertekanan untuk produksi pada sebuah pabrik contohnya digunakan pada sistem purg pada pabrik semen.

Jenis-jenis Kompresor

Berbagai jenis komresor di bawah ini bisa anda daptkan di berbagai toko terdekat atau bisa di Intidaya Dinamika Sejati yang juga menyediakan becker vacuum pump. Jenis-jenis kompresornya adalah.

  1. Air compressor direct driven adalah kompresor yang terhubung langsung dengan pompa udara. Kompresor jenis ini memiliki pengisian yang cukup tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.
  2. Air compressor belt driven biasa digunakan dalam pengisian ban pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan bensin sebagai bahan penggeraknya.
  3. Air compressor mini biasa digunakan sebagai alat pengecatan. Alat ini tidak memiliki tekanan sehingga penggunaannyapun tidak begitu besar.
  4. Air compressor screw alat ini diunakan sebagai alat yang memungkinkan anda untuk membutuhkan tekanan udara selama 24 jam nonstop. Meskipun harus nyala setiap waktu, namun tidak kperlu khawatir akan terganggu suaranya, karena alat ini tidak memiliki suara yang bising.